About

Halo, sesuai kayak tema, isi blog ini adalah tentang PHOSPHORESCENCE (nulis sambil liat google) atau GLOWING.
Pertama, kenalan dulu sama phosphorescence. Phosphorescence menurut Wikipedia adalah
jenis khusus dari photo-luminescence yang terkait oleh fluorescence. 
Gak kayak fluorescence, phosphorescence nggak memancarkan radiasi yang telah menyerap.  Phosphorescence juga bakal bertahan lebih lama dibanding fluorescence.

Karena orang-orang susah ngomong phosphorescence dan nulisnya juga ribet, maka dijuluki GLOW IN THE DARK. Glow in the dark ini punya sifat memancarkan cahaya di saat gelap (makanya disebut glow in the dark) selama jangka waktu tertentu.

'Bahan bakar' dari glow in the dark itu adalah cahaya. Paling bagus ya sinar matahari. Bisa juga pake lampu rumah tapi jangka waktu men-charge-nya lebih lama daripada sinar matahari. Karena gelombang UV sinar matahari itu paling kuat dibandingkan dengan lampu rumah. Ini cahaya bakalan 'longlast' terus sampe berpuluh-puluh tahun TANPA pengurangan tingkat kecerahan cahaya.

Tau ga yang bikin dia itu jadi glow saat gelap?
Karena FOSFOR

Fosfor itu bisa menyimpan cahaya saat dia menerima cahaya dan juga bisa mengeluarkan cahaya pada saat berada di kegelapan. Inilah yang menjadi bahan utama pembuat glow in the dark. Sekarang udah dijadiin macem-macem. Ada glow-in-the-dark paint sama powder.

Jaman sekarang juga, banyak benda yang ditambahin bubuk atau cat fosfor supaya glow in the dark. Banyak. Misalnya hiasan rumah, stiker, sepatu, macem-macem lah.

No comments:

Post a Comment