Glow in the Dark Sticks

Glow in the dark sticks udah pasti banyak yang tau laaaah. Glow in the dark sticks adalah tabung plastik tembus cahaya yang berisi zat yang terisolasi. Kalo dikombinasiin, bakal jadi cahaya melalui reaksi kimia karena chemiluminescence yang tidak butuh sumber daya listrik. Selain buat having fun, bisa juga buat cahaya pada saat penting atau buat militer. Atau buat polisi lalu lintas suka bawa tongkat nyala gitu. Itu termasuk glowing sticks juga.

Versi dari glow in the dark sticks juga bukan versi panjang-panjang doang:



Cara kerjanya?


Sticks ini bersinar waktu 2 solution 'diizinkan' untuk mencampur. Sticks ini terdiri dari 'small fragile container' di dalam wadah luar yang fleksibel. Setiap 'container' punya 1 'solution'. Saat fragile container itu dibengkokkan, udah rusak kan, lalu melepaskan solution pertama ke larutan kedua. Inilah mengapa cara 'menyalakan' sticks hanya ditekuk atau dibengkokkan.  bercahaya.
Oiya, sticks ini juga mengandung hidrogen peroksida sebagai produk sampingan. Dianjurkan tidak kena kontak dengan kulit saat sticks ini terbelah atau pecah karena berpotensi menjadi karsinogen.



Cara membuatnya?


Sebuah fosfor yang diberi energi oleh cahaya normal dan punya persistence/kekuatan yang panjang. Fosfor ini adalah Zinc Sulfide/ seng sulfida dan Aluminat Stronsium. Aluminat Stronsium lebih baik karena memiliki persistence lebih lama daripada zinc sulfide. Just it. Produknya bisa dicari di internet atau di artshop gitu lah.



Fungsinya?


Banyak! Bisa buat ngatur jalan buat polisi lalulintas, atau buat mainan kalo lagi party, atau juga kalo lo kekubur idupidup juga itu berguna banget. Bisa juga buat penghangat walaupun ngga terlalu ngefek banget.

No comments:

Post a Comment